Lovelycimutz's Blog

Cara Merawat Kura-kura Hijau

Posted on: Oktober 25, 2010

Mochi dan Mocha, yah itulah nama kura-kura yang gw piara selama ini. Mochi dan Mocha adalah jenis kura-kura hijau. Awalnya gw tertarik buat piara kura-kura karena merasa unik ajah denger klo kura-kura itu bisa hidup ratusan tahun. Gimana yah ngebayanginnya klo kura-kura yang gw piara nanti masih bisa dipelihara oleh anak cucu gw?? Karena itu gw jadi tertarik buat piara. Mochi Mocha waktu itu gw beli pas mereka masih kecil banget. Palingan diameter tempurung hijaunya sekitar baru 2-3 cm. Tapi sayang Mocha sekarang udah gak ada, waktu itu karena gak mao makan akhirnya mati lemes deh. Nah gw mao berbagi cerita ni tentang cara merawat kura-kura hijau, sapa tau ada yang mao piara juga. Check it out..

  • Kura-kura itu hidupnya di 2 alam, air dan darat. Makanya tempat wadah kura-kura selain diisi air juga harus dikasih batu untuk mereka berjemur. Tinggi airnya untuk kura-kura kecil sekitar 3-4 cm. Manfaat dari air tersebut agar kura-kura bisa lebih aktif dan gak diem mulu. O yah, airnya bisa kita ganti 3 hari sekali dan usahakan agar jangan memakai air PAM karena suka ada virus yang bisa merusak tempurung kura-kura. Bisa kita gunakan air yang sudah matang.
  • Kura-kura bisa dibilang pemakan apa ajah, kangkung ataupun ikan cere bisa kita berikan. Cacing sutra atau cacing kering juga bisa. Berikan makanan pada kura-kura secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, karena dapat membuat air wadahnya menjadi bau dan tercemar. Kura-kura mudah sakit kalau airnya kotor.
  • Jika tempurung kura-kura udah terlihat berlumut, maka kita bisa membantu buat ngerbersiinnya. Ambil sikat kecil dan gosokan perlahan pada tempurung kura-kura. Jangan keras-keras yah, nanti si kuya bisa nangis..hehe,
  • Kura-kura juga butuh perhatian kita, ajaklah kura-kura bermain agar mereka tidak bosan dan tetap aktif. Dengan begitu akan membantu memperpanjang umur kura-kura kita. Kebanyakan kura-kura mati lemas karena bosan dan tidak bergerak.

“Ini dy Mochi kura-kura gw”  :)

About these ads

61 Tanggapan to "Cara Merawat Kura-kura Hijau"

tapi kenapa kalau kura-kura saya. kulitnya 1 minggu sekali lepas terus?

mungkin itu jamuran x ya..

makasih banget yah infonya :)
aku niat melihara kura-kura nih, dirumah ada bekas akuarium super mini *kira2 gitu namanya* bekas melihara ikan dulu. tp bentuknya bulat gak kotak, kira2 boleh dipake buat kura-kura yg kecil gt gak ?

kalau sekiranya gak kecil banget si gpp ko,

gue punya kura-kura hijau 3 ekor, yang kecil, sedang, dan besar. yang kecil gue beli 5 bulan yang lalu, yang sedang 2 tahun yang lalu, yang besar 3 bulan yang lalu. barusan nih tanggal 06-05-2012 jam 4 sore, yang sedeng kawin sama yang besar, yang sedeng masukin anunya ke yang gede, kira-kira klo tu kura-kura mau betelor harus nyiapin apa buat tempat telornya sist.

siapin wadah isi pasir aja sist bwt tempat telornya, biar nnti telornya gak pecah

aku punya kura”,kemarin aku baru liat klo d’kepalanya ada bintik putih
apa kura”ku lagi sakit ya???

itu biasanya jamur sis…

sist mw tnya,,kura”q yg gede koq bnyak lendir putih it knpa ya??
apa gra” aernya ktor??

pagi sis…
gni sis sya pnya kura2 hijau 2 yg satu lincah bgt tp yg satu pendiam trs mata’y merem trs,gmn ya…?

coba dijemur pas pgi sis tp tetep di rendem sedikit pke aer

perlu ketelatenan juga ya memelihara kura-kura yang lucu ini.

iy bnr bgt soalny kura” rentan bgt

kalo kura kura nya gak mau makan gimana caranya biar mau makan ya?

coba kasi kangkung sis mgkin si kura bosen makan pelet mulu

kalau kura-kuranya dicampur sama ikan boleh ga? Soalnya kalo si kura lumutan ,lumutnya bisa dimakanin sama ikanya *mungkin*

iya boleh boleh aja kok…hehe

kura2 saya tempurungnya lembek gitu tp masih aktif, dia jarang mau makan pelet. gmn tuh?

iya gpp tempurung kura emg cukup lembek pas msih kecil,

coba kasi kangkung aja atau ikan cere kecil

kk aku punya kura kura 2,yg satu lincah bgt tpi kq gk mw mkn ea,trusyg satu diem aja dan mata nya merem jg gk mau mkn..

coba jemur aja biar seger trs kasi kangkung.

klo kura-kuranya disatuin sm ikan di dalem akuarium bisa g? akuariumnya gede, dia sering nenggak ke atas dengan susah payah berenang ke atas bawa2 rumahnya, gw g tega liatnya krn setau gw dia cukup ditaro di wadah yg airnya seukuran tempurungnya. panjangnya kira2 5cm.
kura-kura itu peliharaan ade gw, ade gw maunya ditaro di akuarium. gimana donk????? tolong infonya, makasih y

boleh sih diaquarium tp jgn trlalu dalem kasian susah napas jg mesti berenang tinggi bwt ambil napas. atau kasi pijakan biar kura gmpng ambil napas

maaf mau tanya ka ,saya punya dua kura-kura yang satu lincah banget tapi yang satu lagi tangan sama kakinya gak mau keluar cuman kepalanya aja tapi kadang” gerak tapi jarang banget terus ada bintik” putih di kakinya,kuku kura” saya kan panjang boleh saya gunting gak :)

gak usah digunting, kasian kura”nya. kalau bintik putih biasanya jamur. coba dijemur aja tiap pgi biar seger kuranya.

klo kura2 q kox gax bisa besar2 ya, knp ya?????????? padahal udah 3 tahun lebih

hmm…emg jenis apa. klo jenis kura-kura ijo 3 bulan pertama jg udh keliatan perubahan ukurannya

kalo baru beli kura itu knapa ingin keluar akuarium trus?

brrti lincah kuranya,gpp. tp kdng taro di tmpt datar. mgkn bosen jg msti berenang trs di aquarium.

trima kasih,, sangat bermanfaat bwt kedua kura” saya :)

sista qw br beli kura2 ne… sist klw misna airna pakek air sumur gmn???

paling gampang sih pke aer yang udh diinepin semaleman sis, atau pke aer aqua. jadi kandungan jg bersih.

pas !dpt info kyak gni ,berguna bgt .makasih mbak bro :D

makanan favorit kura2 kira2 apa ya?

biasanya si ikan cere+kangkung

kak,dlm akuarium kecil saya tk kasi batu kecil, supaya si kura bs nongkrong d atas batu,tp trnyta kurany mlh nongkrong trs gx pernah liat nyebur d air wat cari makan, knp ya?

mgkn emg si kuya demen tmpt kering bwt berjemur
coba kasi makanannya ditmpt kering.

kura kura ku g mau makan sayuran gmna ya..maunya pelet mulu!

gpp asal dy mao makan :)

kura kura saya kok lemes ya, dah gt ga mau makan. masa keluar busa dari mulutnya apa dia sakit, cara nyembuhin sakitnya gmna ya? :(

wah kasian bgt sis :(
coba kasi obat biru di aernya sedikit

sis mau tanya kura2 sy mkanan’y abis trus hmpir 1 mnggu ga ksih aq mknan pling kadang cuma aq ksih roti ma nasi..hehe..tp ga dmkn,,

trus skrg udh aq bliin mkanan tp dy ttp ja ga mau mkan..gmn ya sis..
kmren dy lemes bgt gt aq tkut dy mati sis..

mgkn karena udh lama gk makan, jd mogok makan tuh sis

coba gpp kasi aja mknannya
ato kasi kangkung

saya punya kura-kura,tapi kura-kuranya suka g saya berjemurin apa gpp ya?
terus kalo kura-kuranya renang di air dari ba

gpp klo dijemur pas pagi, tapi dalam keadaan wadahnya dikasi aer jg

kura2 gw jg kyk gt wkt gw beli.tp udah gede sekarang.segede piring makan.udah 3 taon gw pelihara. mga kura2 qt pjg umur ya ;-)

ak beli kura2 udah 2 minggu,, tapi gak mau makan, dy makan cuma 1x aj slma 2 minggu itu,, matanya merem trus lemes juga padahal udah tak jemur
gmn y biar kura2;y mau makn
trus kalo di jemur di siang ato sore hari gpp apa gak blh

bagusnya si dijemur pas pagi hari :)

kak ak mau nanya ikan cere itu apa? trus kalo kura”a 1 aja apa bisa bertelur?

ikan kecil yang ada dikali-kali :)

kak ak mau nanya gmana cara ngajak main kura-kura”a? trus ap bisa kura-kura berkembang biak sendiri tanpa pasangan?

setahu aku gak bisa kalau gak ada psangannya :)

aku punya kura 2 tapi satunya lincah satunya pendiam kaki n’ tangannya gk mau keluar juga keduanya gak mau makan pelet

coba sering dijemur dlm wadah air tiap pagi,mnrt pengalamanku itu bisa bkin kura-kura lebih lincah.

boleh dikasih tomat ga kk

jangan di kasi tomat kasi kangkung aja jg boleh

kk kemarin aku beli kura” lalu aku masukin batu tapi kok dia diem aja gak pernah bergerak,pernabergerak sekalii aja habis tu dia dim lagi gimanamen tu kak?

mgkn masih beradaptasi jg, sesekali dijemur aja tiap pgi biar seger n lincah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • ERROR: Tried to load source page, but remote server reported "404 Not Found".
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: