Lovelycimutz's Blog

All About Hamster

Posted on: Oktober 3, 2010

Udah sekitar 6 bulan gw piara binatang yang lucu, ngegemesin dan bisa hilangin stress. Ada yang tau binatang apa?? Nah, betul  banget! Hamster. Sebenarnya sih awal ingin piara karena pacar gw waktu itu piara hamster. Pas ngeliat aslinya hamster kayak gimana gw jadi tertarik, ya bisa dibilang naksir juga. Soalnya lucu banget sih apalagi pas pegang langsung, ngegemesin banget deh. Maka dari itu, gw langsung putusin deh buat piara hamster di rumah. Sebelum gw kenalin hamster-hamster lucu piaraan gw, gw mao ngejelasin sedikit nih mengenai cara piara hamster. Yuk mari…

Berikut cara-cara memelihara hamster :

  • Langkah pertama, kalo pengen piara hamster yang pasti kita mesti punya hamsternya dulu yaa..
  • Langkah kedua, untuk rumah hamster kita bisa gunakan kandang besi yang banyak dijual di pasaran ataupun baskom/container plastik yang biasa dijual di toko barang-barang plastik. Untuk kelebihan dan kekurangan rumah hamster, kalo memakai kandang besi kelebihannya kita bisa melihat secara lebih jelas hamster lucu yang kita piara. Baik saat mereka lagi maen kincir angin ataupun lagi manjat kandang besi. Namun kekurangannya, saat kita ingin mencuci kandang agak sulit karena mesti membongkar pasang dulu sebelum dicuci. Begitu pula saat kita ingin memasangnya kembali. Nah untuk jenis kandang plastik/container, kelebihannya kita lebih mudah jika ingin mencucinya. Tinggal bersihkan saja seperti kita membersihkan ember tanpa harus membongkar pasang. Tapi kekurangannya, memakai container kita sulit untuk melihat hamster-hamster lucu bermain dengan bebas. Karena sifat container yang tidak transparan bikin kita jadi sulit melihat hamster bermain. Kalo gw sih lebih pilih pakai container palstik, lebih mudah dan murah harganya.
  • Langkah ketiga, alas rumah hamster kita bisa menggunakan serbuk kayu halus. Itu berguna untuk menyerap air pipis hamster, selain itu supaya hamster gak kedinginan.
  • Langkah keempat, di dalam rumah hamster kita sediakan tempat minum dan makan untuk para hamster yang ngegemesin. Untuk makanannya, hamster paling doyan makan koaci. Selain itu masih banyak lagi, kayak pelet hijau, milet, jagung pecah, gabah. Untuk minumnya, cukup kasih air putih aja. Tapi boleh juga sekali-kali di kasih minum susu.
  • Langkah kelima, selain tempat makan dan minum jangan lupa juga sediakan mangkuk berisi pasir zeloit halus untuk mandi hamster, biar gak pada kegatelan.
  • Langkah kelima, setelah urusan isi rumah hamster beres. Jangan lupa buat bersihin kandang hamster seminggu sekali atau jika udah bau. Kalo gw sih biasanya setiap 4 hari sekali atau seminggu sekali. Dicuci pake sabun sampe bersih.
  • Upsss…ada yang lupa! Kita juga boleh beliin maenan hamster, kayak kincir angin ataupun kora-kora. Tujuannya supaya hamster betah dan gak stress di kandang.
  • Langkah keenam, hamster harus sering-sering kita ajak maen supaya mereka kenal dan gak gigit pas dipegang.

Nah itulah cara-cara piara hamster ala gw..hehe. Mungkin setiap orang bisa beda-beda cara piaranya. Sekarang gw mao kenalin nih hamster-hamster lucu penghuni rumah ni.

Ini namanya Doci (Cowok), hamster pertama gw loh. Doci jenis hamster Winter White Violet. Dengan ciri khas warnanya yang abu-abu putih. Tadinya ada sepasang, yaitu Dopi tapi karena Dopi melarikan diri jadinya tinggal Doci seorang deh.

Ini Doci lagi mao makan koaci dan toge..hehehe,

Hamster WW Violet kayak Doci, bisa dibilang sifatnya agak liar. Gak mao dipegang dan selalu lari kesana kemari. Nakal banget..!!

Yang ini hamster kedua gw. Namanya Mama Kici dan Mbah Kici. Mereka kakak adik sepasang. Mama Kici sebelah kanan, Mbah Kici sebelah kiri. Mereka ini jenis hamster Winter White Normal. Dengan ciri khas warnanya bulunya yang hitam kuning atau hitam putih gitu. Hamster WW Normal ini sifatnya paling lucu deh menurut gw. Mereka paling anteng kalo dipegang dan jarang ngegigit juga. Udah gitu gak liar lagi. Gw paling suka sama jenis ini.

Ini action Mama Kici lagi bobo di kincir angin dan Mbah Kici lagi senyum pas gw lagi foto, lucu yaa..

Nah yang ini hamster gw jenis Winter White Safir. Warnanya agak abu-abu gelap gitu. Namanya Safir, gw kasih nama sama sesuai dengan jenisnya. Biar gampang diinget. Sifat hamster WW Safir ini sedikit liar juga, jarang mao dipegang dan suka gigit juga. Tapi gak sakit sih..

Ini Safir pas lagi manjat kincir angin. Bandel banget yaa..

Ada juga hamster gw jenis Roborosky. Ada yang white face dan normal biasa. Jenis hamster ini sifatnya liar banget, loncat sana sini gak bisa diem. Mao dipegang juga langsung ngibrit. Duh pokoknya bandel banget deh. Tapi dari semua jenis hamster yang ada, jenis Robo ini yang paling cantik dan lucu menurut gw. Kecil, putih coklat gitu kayak cappuccino trus mukanya polos lagi. Namanya Marsmallow.

Ini pas mereka lagi bobo siang, lucu ya yang satu tangannya kayak mao berubah gitu..hehehe,

O ya, maksud yang white face itu mukanya putih di sekitar hidung (sebelah kiri), sedangkan yang normal di sekitar hidung ada warna coklat  gitu (sebelah kanan).

Hosh..hosh..hosh..!!! Gak kerasa Aqu udah cerita panjang lebar tentang hamster-hamster gw. Sekian yaa.. sampai ketemu dicerita selanjutnya.. ^^

Tinggalkan Balasan

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
