Lovelycimutz's Blog

Shine On and Be The Best In The Way of Economics (Lomba UG Economy Competition Tahap 2)

Posted on: Desember 15, 2010

Tanggal 13 Desember kemarin merupakan hari yang mendebarkan buat gw, karena Tim gw buat Lomba UG Economy berhasil masuk tahap ke-2. Wah rasanya seneng banget deh pas denger pengumumannya. Sebelum hari H gw dan tim mempersiapkan diri sebaik-baiknya buat belajar mengenai materi Akuntansi, Dasar Pemasaran dan Manajemen Keuangan. Sulit juga kondisi kemarin pas mao belajar, berhubung lagi UTS juga makanya agak terpecah-pecah konsentrasi gw. Tapi tetep semangat buat menghadapi Lomba tahap 2. Lomba kemarin dimulai tepat pukul 09.50 di Kampus UG Depok tepatnya D342, agak telat 50 menit dari waktu yang dijanjikan oleh panitia. Mungkin karena sambil nunggu peserta lain yang masih belum hadir.

Tema dari lomba UG Economy kemarin yaitu  SHINE ON AND BE THE BEST IN THE WAY OF ECONOMICS. Akhirnya lomba dimulai juga dengan hadirnya para tim juri yang merupakan dosen UG juga. Ada 4 orang tim juri yang menilai para peserta lomba. Sesi pertama dimulai dengan 5 tim kelompok yang terdiri dari tingkat 2 semua. Sesi awal yaitu masing-masing tim diberikan 5 pertanyaan dalam bentuk soal PG ataupun Essay. Waktu yang diberikan 10 detik untuk menjawab masing-masing soal dengan nilai 10 apabila benar, jika tidak bisa menjawab maka nilai dianggap hangus. Untuk sesi ke-2, setiap tim diberikan 3 soal essay di mana apabila tidak bisa menjawab maka akan dilempar ke tim lain di sebelah kiri. Apabila bisa menjawab maka diberikan nilai 10. Kemudian sesi ke-3 di mana adalah babak penentuan yaitu sesi perebutan menjawab. Tim juri akan memberikan 7 soal yang harus diperebutkan oleh para peserta lomba.

Untuk pertanyaan dewan juri bermacam-macam ada yang mengenai rasio aktivitas, going concern konsep, kelebihan saham preferen, analisis laporan keuangan, segmentasi pasar, teori Maslow dan masih banyak pertanyaan lainnya. Perlombaan dimulai dengan giliran Kelompok 1 dengan 5 tim peserta. Setelah Kelompok 1 selesai maka giliran tim gw Kelompok 2 dengan 3 tim peserta lain yang mengikuti lomba. Dalam sesi pertama tim gw mendapatkan 30 point, yah cukup seneng juga karena ada pertanyaan juri yang bisa kami jawab dengan baik dan sempurna. Dalam sesi ke-2 tim gw juga bisa menjawab beberapa pertanyaan para juri walaupun gak semua bisa ke jawab. Saat sesi ke-3 udah mulai deg-degan aja, soalnya ini babak penentuan buat memilih siapa yang berhak masuk ke babak tahap Final. Score point antara tim gw dengan tim Depok beda tipis 65 : 67.

Namun gw merasakan ada sedikit keganjilan dengan jalannya lomba, dewan juri sepertinya kurang bersikap adil terhadap para peserta lomba. Mereka lebih condong dengan tim yang berasal dari UG Depok. Hal itupun dirasakan jelas oleh satu tim gw, soal pemberian point pun tidak adil. Kenapa gw bisa bilang begitu?? Hal ini karena tim Depok diberikan pertanyaan untuk menjawab sebutkan minimal 5, namun mereka hanya bisa menjawab 1 aja dan itu pun dengan waktu yang sangat lama lebih dari 3 menit. Padahal dewan juri memberikan peraturan untuk menjawab setiap pertanyaan minimal 10 detik aja. Tim Depok hanya bisa menjawab 1 aja dan itu diberikan 2 point oleh juri. Gw makin tambah bingung kenapa bisa begitu, padahal sesuai peraturan apabila bisa menjawab dengan sempurna diberikan nilai 10, jika tidak maka nilai hangus. Semua itu bikin gw dan tim kecewa banget banget banget, kenapa tim juri yang seharusnya bertindak adil, independen dan fair tapi malah berbuat seperti itu. Rasa ketidakadilan yang gw dan tim rasakan kemarin, akhirnya tim gw kalah point dengan tim Depok dengan score 65 : 67. Nilai yang mungkin siapa pun yang melihatnya akan bingung. Kecewa banget gw dengan hasil perlombaan kemarin, gw gak nyangka bakalan ada hal seperti itu, padahal gw dan tim udah berusaha mati-matian sekuat tenaga untuk berjuang masuk babak Final namun hanya kekecewaan yang kami bawa pulang. Gw berharap jika tahun depan diadakan lagi UG Economy Competition, kejadian yang gw dan tim alami kemarin gak akan pernah terjadi lagi. Sungguh mengecewakan…

Tinggalkan Balasan

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
