Lovelycimutz's Blog

Lima Prinsip Pola Makan Sehat dan Seimbang

Posted on: Desember 18, 2011

Lima prinsip pola makan sehat dan seimbang :

1. Perbanyak konsumsi buah dan serat

Ajuran konsumsi buah dan serat sebanyak 3-5 porsi perhari. Penelitian menunjukkan bahwa komposisi diet masyarakat Indonesia masih relatif rendah serat yang berasal dari buah-buahan.

2. Kurangi asupan refined carbohydrate

Refined carbohydrate sering ditemukan pada produk bakery seperti biskuit, kue kering, donat, roti. Hal ini dapat mengakibatkan gula darah meningkat sehingga bisa terjadi gangguan gula darah dan kegemukan.

3. Membatasi asupan minyak

Kita harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak terutama makanan yang digoreng karena minyak dapat memberikan kalori dua kali lipat lebih banyak. Apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kegemukan bagi tubuh. Pilih jenis minyak yang tidak jenuh seperti minyak zaitun, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak kacang kedelai. Hindari pemakaian minyak kelapa, santan, minyak sawit atau minyak yang berasal dari gajih hewan (lemak ayam/daging).

4. Pilih daging ayam dan ikan dibandingkan dengan daging merah

Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat mengakibatkan tumpukkan lemak dipembuluh darah apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sedangkan ikan cenderung rendah lemak dan kolesterol. Ikan yang hidup di laut memiliki kandungan Omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Perhatikan informasi gizi dan cara memasak

Amati informasi yang ada pada kemasan makanan, perhatikan kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tidak bersahabat bagi jantung. Jangan membeli produk karena tergiur oleh iklan yang terdapat pada kemasan. Bila sedang makan di luar rumah, pilih makanan yang baik dari jenis makanan ataupun cara pengolahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: