Lovelycimutz's Blog

Mitos dan Fakta Diet

Posted on: Maret 29, 2012

Makan di malam hari membuat gemuk

Fakta : Menurut seorang ahli nutrisi dari Georgia State University, Christine Rosenblom, mengatakan kegemukan itu tidak tergantung pada waktu makan kita Guys, tapi tergantung seberapa banyak kalori yang yang dikonsumsi dan rutinitas kita untuk berolahraga. Kalau makan secara berlebihan dan tidak rajin berolahraga udah pasti berat badan akan naik dengan cepat.

Mengurangi makanan berlemak semakin baik

Fakta : Bagi sebagian orang, mengurangi kadar lemak dalam tubuh dengan sedikit mengkonsumsi makanan tinggi lemak memang dapat menurunkan berat badan. Namun bagi mereka yang mempunyai penyakit diabetes dan jantung, dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti pizza dan salmon justru menguntungkan. Kenapa begitu?? Yup karena lemak jenis ini mampu mengendalikan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita.

Bebas lemak sama dengan bebas kalori

Fakta : Ketika kita mengkonsumsi makanan bebas lemak seperti biskuit, susu atau cookies, ada baiknya jika memeriksa dulu label makanan dan jumlah kalori per porsi. Jika kita mengkonsums secara berlebihan, bukannya membentu menurunkan berat badan justru akan menambah berat badan. Makanan rendah lemak bisa jadi mengandung banyak kalori, karena penambahan gula dan pengental agar rasanya lebih enak. Buah dan sayur bisa kita jadiin alternatif bagus buat mengganti makanan rendah lemak tadi, karena udah terbukti rendah lemak dan mengandung kalori alami 🙂

Karbohidrat menyebabkan berat badan naik

Fakta : Karbohidrat seperti pasta atau nasi, sebenarnya tidak menyebabkan kenaikan berat badan, kecuali jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Penelitian National Weight Control Registry menyatakan bahwa orang yang berhasil mempertahankan berat badan cenderung makan makanan yang tinggi karbohidrat loh! J Juga rendah lemak dan memperhatikan asupan kalori total. Orang yang sedang diet dengan mengurangi karbohidrat dan tidak mengkonsumsi makanan rendah protein dan lemak akan lebih mudah lapar. Akibatnya akan memicu untuk makan secara berlebihan.

Sirup jagung menyebabkan kenaikan berat badan

Berdasarkan penelitian Rosenbloom, sirup yang biasa terdapat pada makanan ringan, roti dan berbagai olahan tidak layak dipersalahkan jika dibandingkan dengan konsumsi gula biasa. American Medical Association menyimpulkan sirup jagung fruktosa tidak memberikan kontribusi obesitas.

Yogurt sebagai makanan diet yang tepat

Fakta : Yogurt memang kaya kalsium dan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun jika mengkonsumsi yogurt dalam bentuk es krim justru berpeluang menggemukkan badan. Selain menghindari yogurt dalam bentuk es krim, hindari juga yogurt yang mengandung gula dan buah manis. Mengkonsumsi yogurt untuk mengurangi berat badan harus tetap diimbangi dengan makanan diet yang tepat dan berolahraga secara rutin 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: