Lovelycimutz's Blog

Pengalaman Penulisan Ilmiah Semester 6

Posted on: Mei 2, 2012

Sekarang gw udah semester 6, gak berasa juga sih padahal kayak baru kemarin masuk dunia perkuliahan. Ketika semester 6 mulai pikiran udah mulai bekerja kira-kira Penulisan Ilmiah (PI)  apa yah yang nanti mau gw tulis. Mungkin itu menjadi isi pikiran dari semua mahasiswa Gunadarma yang seangkatan sama gw, akhirnya ruang PI di perpustakaan J1 Kalimalang menjadi petunjuk bagus soalnya hampir semua PI mahasiswa Kalimalang ada di sana. Buat masuk ruang PI ada jamnya ternyata, tiap mahasiswa mesti membawa KTM dan hanya dijatahin 1 jam aja setiap hari. Sebenarnya sih kurang banget waktu 1 jam, tapi mesti gw manfaatin sebaik mungkin. Untuk jamnya biasanya sih gw masuk sesi 1 yang jam 09.30 – 10.30 soalnya ruang PI belum terlalu ramai, jadi bisa konsen buat baca-baca PI kakak kelas.

2 Minggu setelah masuk kuliah semester 6 baru deh pembagian Dosen Pembimbing (DP) untuk tiap kelasnya, kalau kelas gw kebetulan cuma kebagian 2 DP aja yaitu Bu Early dan Bu Eva. Jadi kira-kira 1 DP menangani 20 mahasiswa, kebetulan kelas gw jumlahnya semua ada 40 mahasiswa. Waktu pertemuan bimbingan atau konsul cuma dijatahin 2 jam mata kuliah setiap minggunya. Setelah pembagian DP ternyata gw dapet DP Bu Early yang kebetulan pernah mengajar kelas gw semester 5 kemarin, jadi udah kenal.

Seminggu sebelum jadwal konsul dimulai gw udah mempertimbangkan beberapa judul yang kira-kira gw minat dan menarik buat ditulis. Berdasarkan nasehat dari Bu Erny yaitu dosen Riset Akuntansi, PI yang kita tulis harus yang benar-benar kita sukai dan minat buat ditulis karena akan mudah bagi kita untuk memulainya. Benar-benar nasehat yang membangun deh makasih ya Bu!!🙂

Akhirnya gw memutuskan untuk menulis “Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja”, karena selain pernah dapet materi ini waktu semester-semester kemarin juga dapet materi ini waktu praktikum. Jadi udah lumayan paham tentang materi ini. Awalnya gw pengen objek penelitiannya pada koperasi, karena gw udah nemuin banyak buku mengenai koperasi, tapi karena data koperasi gak bisa kita dapetin lewat internet tapi harus minta dan survey ke koperasi akhirnya gw mutusin buat ambil objek penelitian pada perusahaan yang go public aja. Selain bisa dapet Laporan Keuangan lewat internet juga bisa menghemat waktu, uang dan tenaga juga.

Minggu pertama konsul Bu Early memberikan arahan mengenai awal penulisan ilmiah dari cara penulisan juga hal-hal lainnya seperti bagaimana cara membuat rumusan masalah, objek penelitian itu seperti apa baiknya. Pokoknya banyak informasi yang bakal kita dapet dari DP saat awal pertemuan.

Minggu ke-2 konsul syukurlah bab 1 yang berisi Rumusan Masalah, Latar Belakang, Data atau Variabel dll di ACC sama DP, gw jadi semakin semangat buat nyelesain PI walapun banyak tugas kuliah dan praktikum juga. Tapi gw punya target bahwa PI harus selesai semester ini, akan membuang waktu, tenaga dan uang juga kalau PI ditunda dan harus disambung semester depan.

Lanjut ke bab 2 yang berisi tinjauan pustaka dari buku-buku referensi yang gw dapet, inget banget deh waktu mulai ngetik bab 2 itu pas libur gw bisa ngetik seharian penuh dari pagi jam 8 sampai magrib jam 6. Terus lanjut lagi jam 8 malem sampai jam 11 malem. Badan selain pegel-pegel, kepala juga pusink karena terlalu lama di depan komputer, tapi harus tetap semangat ngerjain PI!!!

Setelah bab 2 rampung dan udah dicek dan direvisi lagi karena terdapat beberapa penulisan yang kurang tepat seperti penulisan definisi di mana harus memakai pengarang buku yang kita ambil kemudian tahun dan halaman buku seperti “Munawir (2010;25)” bab 2 akhirnya selesai juga dan bisa lanjut lagi ke bab 3. Fighting…Fighting!!!

Bab 3 mengenai metodologi penelitian di mana gw menceritakan tentang profile perusahaan, dari sejarah berdirinya, struktur organisasi, nilai budaya perusahaan, pokoknya banyak yang bisa kita tulis berdasarkan informasi yang kita dapet dari web perusahaan yang menjadi objek penelitian kita. Buat bab 3 setelah di cek sama DP ternyata gak ada kesalahan sama sekali, syukurlah jadi bisa lanjut ke bab 4.

Nah inilah puncaknya dari gw ngerjain PI di mana gw harus mengolah data yang cukup banyak dari Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi selama 3 periode. Awalnya terdapat hambatan kecil di mana nominal laporan keuangan dari objek penelitian gw itu sampai triliyun. Oh My God…!! pakai kalkulator 12 digit aja gak cukup, akhirnya gw putusin buat pakai kalkulator di komputer. Syukurlah bisa dan akhirnya dalam waktu 2 minggu penyelesaian bab 4 udah beres..🙂

Semangat saling memotivasi, membantu dan mendukung sesama teman sekelas 3EB13, membuat gw semakin semangat buat ngrjain PI. Bab 4 udah rampung akhirnya lanjut ke bab 5 di mana membuat kesimpulan dan saran, untuk kesimpulan bisa kita ambil dari jawaban atas rumusan masalah yang udah kita buat di bab 1. Juga buat kesimpulan itu gak boleh terlalu banyak dan bertele-tele cukup yang ringkas aja kata DP.

Setelah menuju akhir-akhir waktu konsul buat mahasiswa, di mana itu terdapat 8x pertemuan buat konsul sama DP. Yuppzzz…!!! setelah semua rampung akhirnya gw tinggal buat kata pengantar, cover, daftar isi, lampiran, lembar pengesahan, lembar originalitas dll. Di minggu kemarin syukurlah akhirnya gw dapet SK dari DP buat persetujuan sidang. Walaupun masih ada beberapa hal yang harus direvisi setelah dikroscek lagi dari bab 1 sama DP, tapi gw seneng akhirnya perjuangan gw udah mulai keliatan hasilnya. Temen-temen sekelas juga banyak yang dapet juga kemarin. Walapun masih ada beberapa yang belum dapet SK tapi kalian harus tetap semangat yang teman!!!!🙂

Akhirnya bisa sedikit lega di mana gw tinggal mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti sidang, mudah-mudahan semua lancar tanpa hambatan berarti dan mendapat hasil yang memuaskan untuk Penulisan Ilmiah ini. Amin🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: