Lovelycimutz's Blog

Tugas Minggu 2

Posted on: Oktober 8, 2012

Contoh etika-etika di masyarakat :

1. Tidak membuang ludah sembarangan.

Etika membuang ludah sembarangan tidak hanya berlaku bagi pejalan kaki, orang yang sedang duduk tapi berlaku juga bagi para pengendara. Karena sekarang ini banyak pengendara terutama sepeda motor yang suka membuang ludah sembarangan di jalan. Selain tidak sedap dipandang mata, akan mengganggu apabila orang lain juga terkena imbasnya tentu sangat merugikan kita.

2. Mengucapkan salam permisi apabila lewat di depan orang yang sedang duduk.

Sejak kecil orangtua kita mengajarkan untuk mengucapkan salam permisi jika lewat di depan orang yang sedang duduk, selain mengucapkan salam permisi posisi badan pun harus sedikit dibungkukkan dengan makna kita menghormati orang yang sedang duduk, terutama orang yang lebih tua dari kita.

3. Tidak bersendawa sembarangan ketika selesai makan.

Bersendawa sering dilakukan saat selesai makan, hal itu menurut saya wajar. Namun akan terlihat tidak wajar atau kurang sopan apabila dilakukan di depan umum karena terlihat tidak sopan bagi orang lain.

4. Tidak buang angin atau kentut di sembarang tempat.

Buang angin atau kentut sembarangan sebaiknya tidak dilakukan, karena dapat mengganggu orang yang disekitar kita. Selain membuat rasa jijik, aroma yang dikeluarkan pun tidak sedap.

5. Berkata sopan atau tidak berbicara kasar dan kotor kepada lawan bicara.

Dulu waktu kecil saya masih ingat orangtua bilang kalau ngomong kotor akan dicabein mulutnya. Pamali kalau kata orangtua, terutama bagi anak perempuan berkata kasar atau kotor ke orang lain apalagi ke orang yang lebih tua contohnya ibu tetangga.

6. Berpakaian yang sopan atau sepantasnya.

Apabila berpergian sebaiknya memakai pakaian yang sopan, masyarakat kita yang menganut gaya hidup orang timur akan merasa risi melihat orang yang berpakaian cukup terbuka seperti perempuan yang memakai rok mini atau celana pendek jika keluar rumah.

7. Menutup mulut saat menguap di depan orang lain.

Mengantuk adalah hal wajar yang sering dialami oleh manusia, mengantuk pun biasanya diikuti menguap. Saat berada di depan umum sebaiknya kita menutup mulut ketika menguap, karena jika tidak menutup mulut orang lain akan merasa terganggu dengan pandangan yang kurang sedap. Kita pun akan dianggap tidak menghargai orang lain.

8. Memberi atau menerima barang dari orang lain menggunakan tangan kanan.

Sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orangtua untuk menerima atau memberi barang dengan menggunakan tangan kanan. Selain itu tangan kanan juga digunakan untuk makan minum dan melakukan sesuatu yang mencerminkan kesopanan. Namun bukan berarti kita tidak boleh menggunakan tangan kiri. Tangan kiri digunakan untuk membantu tangan kanan melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan. Tangan kiri tidak biasa digunakan untuk melakukan sesuatu karena cenderung terkait dengan hal-hal yang kotor, seperti membersihkan ketika kita selesai buang air. Terkdang disaat mendesak saat menerima barang tidak bisa menggunakan dengan tangan kanan, dan tangan kiri yang harus digunakan maka berbicara kata “maaf” perlu dilakukan.

9. Tidak membersihkan kotoran hidung sembarangan atau mengupil di depan umum.

Membersihkan kotoran hidung sembarangan di depan umum sangat tidak sedap dipandang, selain membuat jijik orang lain juga seperti kita tidak menghargai orang yang berada di depan kita. Membersihkan kotoran hidung sebaiknya dilakukan ketika tidak berada di depan umum.

10. Duduk dengan sikap yang sopan di depan umum.

Duduk di kursi dengan kaki dirapatkan sudah diajarkan oleh orangtua kita sejak kecil, terutama bagi anak perempuan. Istilahnya tidak boleh mengangkang saat duduk, sangat tidak sopan dilihat orang. Begitu pun ketika duduk di bawah, kaki harus dengan posisi bersila tidak boleh diangkat satu kaki. Hal tersebut sangat tidak sopan, seperti kita tidak menghargai orang yang juga duduk di sekitar kita.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: