Lovelycimutz's Blog

Tugas Minggu 5 Softskill

Posted on: Oktober 28, 2012

Kasus PT GREAT RIVER INTERNATIONAL Tbk

Bersumber dari Makalah Kelompok Mahasiswa, Program Pendidikan Profesi Akuntansi

FE Universitas Tarumanegara Tahun 2007

Indentifikasikan pelanggaran apa saja yang terjadi dalam artikel diatas!

Pelanggaran yang terjadi antara lain, yaitu overstatement atau kelebihan pencatatan akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada. Di mana PT Great River Internasional Tbk menyertakan nilai ekspor dengan mencantumkan harga bahan baku, aksesoris, ongkos kerja dan laba perusahaan. Padahal perusahaan menerima order pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pemesan sehingga perusahaan hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Namun alasan perusahaan mengapa disertakan biaya lain yaitu untuk menghindari dumping dan sanksi perpajakan.

Bapepam juga menemukan beberapa pelanggaran yaitu adanya indikasi penipuan dalam penyajian laporan keuangan dengan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan keuangan tersebut di mana kelebihan itu berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian.

Menurut anda, apakah ada hubungannya antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan dalam membayar utangnya?

Ada hubungannya karena dengan kesalahan pencatatan atas laporan keuangan perusahaan dengan penggelembungan akun penjualan, piutang dan asset hingga ratusan miliar rupiah di Great River, maka Great River mengalami kesulitan dalam membayar utangnya (selain kesulitan membayar utang, perusahaan juga gagal membayar obligasi senilai 300 milyar). Penggelembungan akun-akun/kesalahan pencatatan yang menyebabkan overstatement tidak menggambarkan kondisi nyata keuangan pada perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Berita Gunadarma

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: